2010/02/24

bioteknologi singkong

Ubi kayu merupakan tanaman yang cukup populer di kalangan rakyat indonesia,khususny di pulau jawa. Pangan ini biasa di olah sederhana dengan cara di rbus atau di buat menjadi berbagai macam kue seperti getuk. Sedikit lebih bergengsi, ubi kayu juga di manfaatkan untuk membuat tepung tapioka.
Walupun tanaman ini cukup popuer di kalangan rakyat. Tapi anggapan yang berlaku sebaliknya. Ubi kayu masih dipandang sebagai pangan kelas rendah, bahan makanan orang miskin, yang hanya dimakan pada saat paceklik..
Pada saaat sekarang, pandangan bahwa mengkonsumsi ubi kayu hanyak untuk kleas bawah sudah tidak tepat lagi. Karena pada kenyataan sebagai sumber karbohidrat, ubikayu tidak kalah dengan beras. Dengan pemanfaatan teknologi, bentuk olahan ubikayu yang tradisionil pun bisa di modernkan.
Salah satu penemuan yang cukup menggembirakan adalah tepung mocaf(modified cassava flour). Tepung yang ditemukan oleh anak negeri ini mempunya karakteristik yang jauh berbeda dengan epung cassava atau tapioka. Tepung ini bahkan sangat mirip karakteristiknya dengan tepung terigu. Dari berbagai percobaan yang telah dilakukan , tepung ini dapat menggantikan tepung terigu. Tentu hal ini sangat menggembirakan. Pemanfaatan tepung mokaf sebagai pengganti terigu berdampak positif bagi perekonomian rakyat indonesia yaiu menghemat devisa( tepung terigu masih disuplai impor), mengangkat derajat singkong beserta petani singkong, menyerap tenaga kerja karena pembuatan tepung mokaf ini bisa dikerjakan dalm skala industri rumah tangga dengan teknologi yang sederhana.
Pemanfaatan tepung mokaf sebagai bahan pangan bertarf nasional sangan dimungkinkan. Dengan kualitas yang menyamai tepung terigu namun harganay separuh dari terigu, tepung ini tentu akan menjadi primadona. Yang perlu dilakukan segera ada sosialisasi yang terpadu sehingga rakyat lekas mengetahui keberadaan tepung mokaf ini. Pemerintas harus mendukung sepenuh hati bagi perkembangan tepung asli dalam negeri ini.dan tentunya dimulai dari diri maing masig, ayo gunakan tepung mokaf sebagai pengganti tepung terigu. Sayangi , gunakan dan manfaatkan produk produk lokal ,, yeaahhh!


PRODUK OLAHAN SINGKONG
1. GAPLEK
2. GETUK
3. TAPE
4. kue lain
5. keupuk/kripik
6. tepung tapioka
7. tepung gaplek
8. tepung mokaf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar